JPEG or RAW

JPEG or RAW

JPEG or RAW

Format RAW atau JPEG? Apa perbedaan mendasar dari kedua format image tersebut? Mungkin beberapa dari anda sudah tahu apa itu RAW dan JPEG. Namun masih banyak pula yang bertanya-tanya terutama bagi kalangan fotografer pemula, dimana format JPEG lebih familiar daripada RAW. Kali ini jasafotokreatif ingin mengulas tentang keduanya, yuk disimak.

Sebelumnya mari kita mulai dengan definisi dari kedua jenis format terlebih dahulu:

JPEG (Joint Photographic Experts Group) merupakan skema hasil kompresi dengan menghapus beberapa bagian dari data original, awalnya dimana sebuah file penyimpanan hasil foto digital memiliki ukuran yang besar sehingga tidak praktis, oleh karena itu dengan format JPEG, hasil foto yang semula berukuran besar bisa dikompresi menjadi kecil.

RAW disini berbeda dengan JPEG yang merupakan suatu singkatan, dimana RAW dalam bahasa inggris bisa diartikan “mentah”, oleh karena itu format RAW sering dikatakan sebagai file mentah karena informasi suatu image yang tidak dikompresi untuk menyediakan kualitas gambar yang paling tinggi.

Dari pengertian di atas setidaknya anda sudah mendapat gambaran tentang kedua format tersebut, mari kita bahas lebih dalam yang menjadi perbedaan keduanya.

  1. Dalam format JPEG setiap gambar yang didapat diolah terlebih dahulu oleh kamera dengan mengoreksi warna, penajaman dan sebagainya untuk membuat file JPEG tampak lebih baik. Sedangkan format RAW informasi keadaan suatu gambar sama seperti saat ditangkap oleh sensor kamera, dimana kamera tidak melakukan koreksi otomatis sehingga kita harus mengatur sendiri seperti white balance, eksposure, bayangan dan keputusan lain setelah mengambil gambar.
  2. Suatu gambar menggunakan format JPEG memiliki ukuran file yang sangat kecil, namun sebaliknya dengan RAW ukuran suatu gambar bisa mencapai lebih dari 50MB per file.
  3. Perubahan properti suatu gambar pada file JPEG apabila menggunakan aplikasi pengolah gambar digital seperti Adobe Photoshop hasilnya tidak sesempurna seperti perubahan yang didapat bila kita menggunakan Format RAW, dikarenakan informasi yang di dapat format JPEG tidak sedetail format RAW sehingga tidak banyak yang bisa kita otak-atik atau istilah kerennya customize-able.
  4. Format JPEG dapat langsung dicetak, sementara RAW memerlukan software khusus untuk diubah menjadi format lain seperti JPEG atau PNG terlebih dahulu.

Penjelasan sederhananya, jika anda ingin foto dengan kualitas maksimal maka gunakanlah format RAW, tapi jika kecepatan dan kemudahan yang menjadi prioritas utama maka format JPEG merupakan pilihan yang tepat. Sekiranya itu yang dapat kami share tentans seputar format RAW atau JPEG, dan pada akhirnya anda yang harus memilih.

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up